Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Mata merupakan indera penglihatan yang berguna penting didalam menekuni aktivitas sehari-hari.
Oleh karenanya, melindungi mata supaya senantiasa sehat amat diperlukan. Sebab, jadi bertambahnya usia, jadi beragam fungsi tubuh mengalami penurunan, juga mata.

Lihat Juga :
5 Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Mata
Cara melindungi kesehatan mata bisa ditunaikan sedari dini. Seperti mengkonsumsi makanan bernutrisi atau menjauhkan aktivitas yang berpotensi menyebabkan kerusakan mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Dilansir dari Medical News Today, berikut ini tersedia sebagian hal yang bisa Anda melaksanakan untuk melindungi mata senantiasa sehat.

1. Konsumsi makanan bernutrisi Klinik Mata
Mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, zinc, jadi langkah tepat pelihara kesehatan mata, menurut American Academy of Ophthalmology.

Kebaikan nutrisi berikut bisa ditemukan didalam makanan sehari-hari, seperti terhadap buah beri, buah sitrus, bayam, brokoli, wortel, kacang, ikan tuna, salmon, telur, dan lainnya.

2. Gunakan kacamata hitam

Gunakan kacamata hitam waktu kudu berkegiatan di luar ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Kacamata hitam melindungi mata dari paparan cahaya ultraviolet (UV). Hal ini bisa jadi tips untuk melindungi kesehatan mata.

Selain terhindari dari cahaya UV, memakai kacamata bisa menghilangkan debu supaya tidak masuk ke didalam mata.

3. Berhenti merokok
Merokok tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan paru dan jantung, melainkan juga mata. Merokok bisa menambah risiko katarak serta degenerasi makula.

Karena itu, menjauhkan atau menghentikan formalitas merokok amat diperlukan, terlebih bagi kelompok perokok aktif.

Lihat Juga :
Mitos-mitos Kesehatan Mata yang Tak Perlu Terlalu Dipercaya
4. Bersihkan anggota mata setelah memakai makeup
Cara melindungi kesehatan mata lainnya adalah dengan rajin bersihkan sisa makeup atau riasan yang diaplikasikan terhadap anggota mata.

Gunakan cairan dengan formula khusus yang safe untuk mata, supaya tidak menyebabkan iritasi.

5. Tidak amat lama memakai kontak lensa terapi Orthokeratology
Tidak amat lama memakai lensa kontak juga jadi langkah menahan penyakit mata. Lensa kota bisa menyebabkan iritasi.

Apabila suasana mata baik-baik saja, sebaiknya menjauhkan pemakaian kontak lensa yang justru berisiko menyebabkan iritasi atau alergi.

Tapi, kalau Anda kudu memakai kontak lensa, pastikan tangan didalam suasana steril dan jangan gunakan amat lama atau hingga terbawa tidur.

6. Tidak amat lama gunakan gawai
Cara melindungi kesehatan mata lainnya adalah menjauhkan menatap layar gawai amat lama, bahkan di tempat gelap. (Istockphoto/ Dragana991)
Terlalu lama menatap layar gawai bisa menyebabkan mata lelah, yang kebanyakan ditandai dengan rasa perih, kering, gatal, berair, atau penglihatan kabur.

Selain itu, sebagian anggota tubuh kebanyakan turut merasakan kebas terhadap tangan, bahu disertai nyeri leher, punggung, atau kepala.

7. Istirahatkan mata
Jika Anda lebih banyak melaksanakan aktivitas pekerjaan di depan gawai, jangan lupa untuk berikan waktu istirahat terhadap mata minimal 15 menit atau maksimal 2 jam.

Terapkan metode 20:20, mengalihkan pandangan sepanjang 20 detik setiap 20 menit sekali.

Lihat Juga :
‘Bahaya’ Main Ponsel Sebelum Tidur
8. Periksa mata secara teratur
Melakukan pemeriksaan tertata ke dokter mata bisa ditunaikan dari usia anak-anak hingga lansia. Terutama bagi Anda yang punyai riwayat medis khusus atau penyakit penyerta.

Idealnya, pemeriksaan ke dokter mata ditunaikan sekali didalam setahun, baik bagi anak-anak ataupun dewasa.

9. Kontrol berat badan
Diabetes dan obesitas juga type penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan atau masalah penglihatan.

Oleh sebab itu, penting untuk senantiasa mengontrol berat badan senantiasa normal dengan berolahraga. Batasi juga asupan tinggi kalori yang berisiko menambah gula darah.

10. Hindari membaca di tempat gelap
Hindari formalitas membaca di tempat gelap atau ruangan dengan intensitas cahaya yang redup. Kebiasaan itu bisa menyebabkan kerusakan mata.

Alih-alih demikian, membaca di ruang terbuka dengan cahaya cukup bisa jadi pilihan langkah melindungi kesehatan mata. Jangan lupa untuk berikan jarak pandang pada mata dan objek yang dibaca dan tidak membaca sambil berbaring.